Hai, Gagah ya, ini Foto saya waktu masih Jadi Karyawan.
Saya Memasuki dunia Kerja sejak saya Lulus SMA di tahun 1994,sebagai anak muda,kelahiran Tanah Sumatera, Tidak Afdol rasanya,kalau saya tidak mencoba peruntungan saya di kota lain,
Ada 2 Bekal yag saya punya,saat memulai merantau
  • Bekal Uang Rp 500.000 ( Setara 2 Juta rupiah di era Th 2000
  • Bekal Nasehat dan semangat dari Orang tua.
Yuk Kita bahas, 2 Modal Tersebut.


MODAL UANG

Diawal saya merantau,saat saya berusia 18 TH,uang masih saya anggap KOMPONEN terpenting dalam hidup,padahal 100% tidak betul, Modal uang yang ada di otak saya saat itu,murni ketakutakan saya akan sulit bertahan Hidup bila tanpa Modal.

MODAL NASEHAT DAN SEMANGAT

Ada 4 Point yang selalu melekat didalam Pikiran saya saat Ibunda Tercinta memberikan Nasehat kepada saya untuk memulai Perantauan saya
  • Jangan Lupa Sholat/Ibadah : Karena Sholat itu adalah Tiang AGAMA,yang namanya Tiang,penyangga,haruslah Kokoh dan Kuat,bila tidak memiliki Tiang yang kuat,pastinya hancurlah dirikita,akibatnya Rugi dunia dan Rugi Akhirat.
  • Jangan Mabuk-mabukan,minum Alkohol,karena Alkohol bisa membutakan pikiran dan Emosi kita
  • Jangan Main Perempuan,karena itu menjauhkan rezeki kita
  • Jangan Kembali bila belum berhasil.
Nah dengan 2 Modal itu saya memulai Peruntungan saya.

Saya menjadi Karyawan di sebuah Perusahaan Distribusi  Skala Nasional,dengan memakai Izazah SMA,dimulai dengan status Karyawan dibagian Administrasi,sampai Akhirnya saya menempati jabatan sebagai Kepala Operasional  
Kiat sukses sebagai Karyawan
  • Punya VISI yang jelas pada saat anda menandatangani MOU, pada saat anda di terima bekerja PASTIKAN ANDA PUNYA MIMPI untuk bisa memberikan yang terbaik bagi perusahaan yang memberikan anda pekerjaan,Pada saat saya di nyatakan di terima di perusahaan Distribusi skala Nasional tersebut,saya mengatakan kepada Manager yang menginterview saya,bahwa kelak saya akan menggantikan beliau,jadi saya mohon agar beliau mendidik dan membimbing saya, dan mau membagi ilmu kepada saya selaku Bawahannya
  • Punya Nilai Guna,karyawan yang baik adalah karyawan yang mampu memberikan Nilai Tambah bagi perusahaan di tempatnya bekerja,bukan karyawan Benalu,yang hanya bekerja karena butuh makan,tapi karyawan yang mempunyai dedikasi dan kemauan untuk memajukan perusahaan di tempat kita bekerja.
  •  Mau Belajar setiap Hari,setiap waktu yang kita jalani adalah sebuah proses pembelajaran,jangan hanya berpedoman dengan apa yang menjadi tugas kita saja,tapi ada baiknya kita belajar proses kerja dan ilmu di bagian lain di tempat kita bekerja,dengan itu maka kita akan mempunyai nilai tambah dimata pimpinan dan rekan kerja yang lain,sehingga kita mempunyai kapasitas yang lebih dibandingkan karyawan lain di sekitar kita
  • Mampu menjual Diri,dalam tanda kutip,kita harus bisa menjual kemampuan kita ke perusahaan tempat kita bekerja,tunjukkan bahwa kita mampu memberikan kontribusi lebih bagi perusahaan.
  • Mempunyai semangat untuk berkompetisi,
    Di Posisi Pekerjaan apapun, Kompetisi harus ada. Artinya anda siap bersaing, berkompetisi secara sehat dengan Rekan kerja anda yang Posisi nya setara dengan Anda. Anda tidak bisa menilai bahwa anda akan menang dalam persaingan, kecuali anda bekali dengan Sikap Sabar, Positif dan selalu Belajar terus.

    Berkompetisi di sini bukan berarti anda sibuk mencari kesalahan kesalahan orang lain seperti kerjaannya Pak/Ibu HRD, tetapi justru anda bisa menang dalam persaingan ini jika anda mampu menutupi/membantu mengatasi masalah/kelemahan - kelemahan orang lain. Datang dan hadirlah ditengah- tengah rekan kerja anda sebagai seorang juru selamat, seorang pemberi solusi/pemecah suatu masalah. Jika demikian, maka suasana Kompetisi tersebut berjalan mulus dan sesuai dengan rencana anda. Dan orang lainpun tidak akan merasa dirugikan.

    Maka coba anda Praktekkan, lalu lihat perkembangan diri anda dalam 1 tahun. Zaman sekarang ini , hal ­- hal dibawah ini sudah dianggap biasa dan nggak terlalu dilirik oleh Atasan & Pemilik Perusahaan:
  • Datang bekerja Tepat waktu/tidak pernah Bolos
  • Rajin bekerja dan Ramah
  • Bekerja sesuai Job
  • Pekerja Keras & Tekun


        0 comments so far,add yours