Hai Guys ( Copy paste ) perkataan Mas Dodit Komika
Saya memberanikan diri Menshare Pengalaman saya memulai Wirausha,setelah Genap 3 Tahun saya memulai Bisnis Online saya Sendiri.
Saya mengenal Internet Marketing itu secara Otodidak dan Belajar tanpa Guru,pakai ilmu Banteng,Sruduk kiri,sruduk kanan,dan akhirnya Capek sendiri tanpa Hasil.
Melalui Tulisan ini ,saya mau Share ,seni berbisnis Tanpa perlu Modal banyak.
Kalau di tuangkan secara Sistematis,Terstruktur seperti Pakar Keuangan kayaknya saya Tidak mampu membuat Tulisan seperti seorang Pakar,yang saya Tahu adalah metode Street Smart,gaya Preman Jalanan.
Sedikit Cerita,saya memulai Bisnis "Pembuatan Gerobak
Saya mendirikan Binis ini dengan Modal awal Rp 2.500.000
Banyak Teman,sahabat,Mitra saya tidak percaya dengan Modal Rp 2.500.000 tersebut.
Modal Rp 2.500.000 saya dapatkan, dari pesangon saat saya Resign jadi karyawan,dengan modal awal Rp 2.500.000 tersebut, berikut peruntukannya
  • Sewa lahan : Untuk lahan,saya mencari Lokasi Yang jauh dari keramaian ( Karna Bisnis yang saya pilih adalah Bisnis Online jadi tidak perlu tempat Strategis berbiaya mahal),dengan asumsi bahwa semakin Jauh lokasi semakin Murah biayanya,ini Penampakan Workshop saya 3 Tahun yang lalu
 Hanya Lahan Kosong,Tanpa bangunan,dengan Modal Speak-speak Ganjen,dapat lahan ini dengan Sewa Rp 500.000/Bulan,Prinsipnya : MULAI DULU DENGAN SEDERHANA,ASAL BISNIS BISA DIMULAI.
Agar terhindar dari panas dan hujan,saya berburu di tempat pengepul barang Bekas,dapatlah bekas Baliho milik Telkomsel Rp 300.000/Sangat besar,luas dengan bahan bagus,beli Tiang dengan kayu bekas,habis Rp 200.000,Upah Tukang 2 hari kerja Rp 200.000,Lihat penampakannya,jauh dari kata Mewah dan Megah.
  • Beli Peralatan bengkel Rp 150.000 : Dapat Mesin Las,Mesin Potong,mesin Gerinda,Mesin kompresor,Mesin Amplas,Mesin serut kayu,Lha Kok Bisa ?? Rp 150.000 itu buat bayar Uang Administrasi di Perusahaan Pembiayaan /Kredit ,Syaratnya : Foto Kopi KTP,Foto Kopi KK,Foto copy Rekening Listrik,Foto Copy NPWP,nah dapat dah Mesin-mesin Produksi dengan Tenor Kredit 1,5 Tahun,dengan perjanjian bila memiliki Uang lebih,bisa bayar Pokok Hutang tanpa Bunga,Mengapa saya Mau membeli secara Kredit ?? Dalam ilmu dagang yang saya dapatkan semasa saya menjadi karyawan,dengan kita membeli secara Kredit maka kita akan terpacu mencari Omzet untuk membiaya bengkel kita/jadi biarkan alat-alat itu membiaya dirinya sendiri.
  • Stok Bahan baku Rp 1.000.000 ,dapat semua jenis Bahan, Total belanja Bahan Rp 10.000.000,Lho Kok bisa, Bisa dengan Modal speak-speak Ganjen,kita membuat Proposal Bisnis yang saya bicarakan dengan owner/pemilik Toko Material,dengan Tenor pembayaran 3 Minggu,Lho kok percaya,Gampang ,saya tanya pemiliknya Butuh Syarat apa saja supaya saya bisa mendapatkan barang secara Kredit ? Foto Kopi KTP,Foto Kopi KK,Foto copy Surat nikah,Copy sertipikat Rumah,surat pengantar dari RT dan Kelurahan tempat saya domisili.
  • Uang Kas Rp 150.000
Nah Rp 2.500.000 ,itulah Modal awal saya. Selanjutnya Menghidupi Bisnisnya bagaimana ??? disini Seninya,Bisnis Yang saya pilih adalah Bisnis Online,dimana saya Tidak bertemu secara Langsung dengan Klien-klien saya,dengan Metode ini saya membuat RULE atau TOS/Term Of Service,atau bahasa nyeninya : Aturan Main untuk melakukan Order pembuatan Gerobak di Bengkel saya,Apa saja Aturannya
  • Untuk mengeluarkan Rancangan Design Gerobak ,saya Minta namanya KOMITMEN FEE/atau uang pengikat Rp 500.000 dari calon klien,dengan service yang saya berikan : Gratis Desain Poster,Gratis Desain Logo, Penampakan Desain dari uang Rp 500.000 ini

Nah ada Desain Logo,Poster,Desain Gerobaknya,Kalau ngak jadi di buat,kita dapat 500.000,kalau jadi dibuat dapat modal
  • Setelah Sepakat dengan Desain dan lanjut Produksi,Kami Minta lagi Dp 50% dari Harga Gerobak,Contohnya : Harga Gerobak sepakat di Harga Rp 5.800.000- 500.000 komitmen fee : Rp 5.000.000, Dp 50% dapat dah Modal Rp 2.500.000
  • Tentukan Target berapa unit Produksi yang bisa kerjakan dalam 1 Minggu,Kalau 1 Minggu bisa selesai 5 Unit,kita dapat Uang Cash/Fresh Money rp 10.000.000, Uangnya bisa kita Putarkan untuk keperluan lainnya,atau buka bisnis baru.
Nah itulah seninya mencari Modal untuk memulai usaha.
Dari Rp 2.500.000 tersebut,hingga Tulisan ini saya buat,Omzet Gerobak imut sudah menembus Angka 1 Milyar per tahun.
 INTINYA : Think Kreatif,Jangan malu berbicara soal modal,Bicara dengan kejujuran,dan pegang teguh Kredibilitas kita dimata Supplier ( AMBIL BARANG TEPAT WAKTU,BAYAR TEPAT WAKTU)
TIDAK USAHA MENUNGGU SEMPURNA UNTUK MULAI BISNIS,MULAILAH DENGAN SEGERA WALAUPUN DENGAN SEGALA KETERBATASAN.

Nah ini Artikel cara mencari pendanaan yang saya dapat dari sumber : https://www.cermati.com/artikel/11-cara-gampang-mencari-modal-usaha ( Silahkan teman-teman pilih sendiri ya ) Atau bisa ikuti cara cerdas diatas dalam mencari sumber Modal.

0 comments so far,add yours