Apakah Anda pernah mengalami  kesulitan untuk memulai suatu usaha karena tidak memiliki ide? Pernahkah Anda  frustasi dalam mencari ide bisnis yang benar-benar cemerlang untuk bisnis Anda? Mungkin Anda bingung bagaimana caranya supaya mendapatkan inspirasi sehingga ide-ide keren untuk bisnis Anda itu bisa datang? Atau mungkin Anda takut jangan-jangan ide bisnis yang sudah dimiliki tidak laku di pasar? Jangan sampai Anda memutuskan untuk tidak memulai bisnis karena tidak memiliki ide, hal itu konyol sekali padahal di dunia ini ide itu ada dimana-mana.
Supaya Anda tidak frustasi dalam tahap pencarian ide bisnis, mulailah melakukan  hal hal berikut untuk dapat menemukan ide bisnis yang tepat:

Jangan salah mengartikan maksud diatas, bukan cari masalah dalam konotasi negatif, namun yang benar adalah cari tahu masalah yang sedang terjadi dan dialami secara langsung oleh orang banyak. Bisa dari keseharian perseorangan,atau masalah-masalah yang terjadi dengan komunitas atau lingkungan tertentu ,Ide bisnis yang merupakan solusi yang mampu menyelesaikan masalah tersebut adalah bisnis yang sangat bermanfaat dan sangat dibutuhkan oleh orang-orang yang mengalami masalah tersebut.

Kebutuhan ini berbicara mengenai hal-hal yang sudah ada dan harus dipenuhi supaya dapat melakukan sesuatu. Sejauh ini kebutuhan dasar manusia yang dikenal orang Indonesia dapat mempengaruhi hidup mati seseorang ada 3, yaitu pakaian, makanan, tempat tinggal. Namun, menurut Abraham Maslow, kebutuhan manusia itu sebenarnya beragam seperti piramid yang tersusun dari 5 bagian. Untuk lebih jelasnya, ada contoh sederhana sepeti anak kuliahan yang membutuhkan sarapan yang praktis dan cepat sehingga mereka dapat makan tepat waktu sebelum kuliah dimulai. Lalu hal ini ditangkap oleh beberapa orang yang kemudian muncullah beberapa makanan-makanan praktis dan cepat saji. Jika Anda dapat memberikan apa yang mereka butuhkan, pastinya bisnis Anda dapat bertahan lama.

Jika Anda masih belum mendapatkan ide, cobalah cari tahu keinginan orang lain. Setiap orang pasti memiliki sebuah keinginan terpendam. Coba perhatikan mobil yang Anda naiki saat ini dengan mobil jaman awal penciptaannya. Sebenarnya dari dulu sampai sekarang fungsinya tetap sama, yaitu untuk membantu kita bepergian lebih mudah. Namun karena keinginan masyarakat akhirnya mobil tersebut terus mengalami perubahan, entah itu modelnya, mesinnya, atau mungkin fasilitasnya. Setiap keinginan sama dengan peluang baru. Dengan mencoba mewujudkan keinginan tersebut berarti Anda telah mengambil peluang hebat tersebut dan mengubahnya menjadi awal kesuksesan Anda.




0 comments so far,add yours